Tau Gak Sih, Ternyata Inilah Berbagai Macam Distro Linux yang Mirip MacOs! | _MisterNotFound_ Official Blog
 

Mac OS adalah salah satu sistem operasi yang memiliki konsistensi desain dan estetika yang tinggi. Tapi sayangnya sistem operasi tersebut dibandrol dengan harga yang sangat fantastis. Sehingga kurang cocok tuk kalangan menengah kebawah. Lalu, apakah lo termasuk orang yang terobsesi dan naksir dengan MacOs? Dan ingin membeli laptop Apple yang sudah terinstall MacOs, tapi kurang sanggup membelinya. Gak usah putus asa, disini gua sudah merangkum berbagai macam distro Linux yang mirip banget dengan MacOs. Gak percaya, simak aja ulasan yang sudah gua rangkum ini :

1. Elementary OS
 Jika lo Linuxer, pasti sudah kenal dong dengan distro Linux ini :p  Yap, Elemtary Os, adalah distro Linux berbasis Ubuntu. yang secara tampilan dan cara kerja cukup mirip dengan Mac OS X. Distro Linux ini dibuat dengan konsep konsistensi desain dan estetika yang konsisten. Distro ini menggunakan desktop manager-nya sendiri yang bernama Pantheon dan terintegrasi dengan aplikasi bawaan elementary OS lainnya, seperti Plank (sebuah dock-bar berbasiskan Docky), peramban web Midori, dan Scratch (Teks editor yang sederhana). Distro ini menggunakan Gala sebagai Window Managernya, yang berbasiskan pada Mutter Windows Manager. Distro ini pada awalnya bermula dari sepaket tema dan aplikasi-aplikasi yang ditujukan untuk Ubuntu, namun kemudian berubah fungsi menjadi sebuah distro linux tersendiri. Sebagai turunan dari Ubuntu, distro ini kompatibel dengan repositori dan paket-paket milik Ubuntu. Distro ini juga menggunakan software center milik Ubuntu untuk menangani pemasangan dan pencopotan perangkat lunak, meskipun software center elemetary sendiri sedang dalam pengerjaan. Rilis versi stabil pertama dari elementary OS adalah "Jupiter",diluncurkan pada Maret 2011 dan berbasis Ubutu 10.10.

Sejak Oktober 2012, versi ini tidak lagi didukung dan berarti juga tidak lagi bisa diunduh di situs resmi elementary OS.

Pada bulan November 2012, versi beta pertama dari elementary OS bernama kode "Luna" dirilis, yang menggunakan Ubuntu 12.04 LTS sebagai dasarnya.  Versi beta kedua dari "Luna" dirilis pada tanggal 6 May 2013, melakukan lebih dari perbaikan atas 300 bug dan beberapa perubahan seperti peningkatan dukungan untuk berbagai localization, dukungan layar ganda dan pembaruan beberapa aplikasi.

Pada tanggal 7 Agustus 2013, jam hitung mundur muncul pada situs resmi elementary OS yang berakhir pada 10 Agustus 2013. Versi stabil kedua dari elementary OS, bernama "Luna", diluncurkan pada 10 Agustus 2013, dengan perombakan total dan desain ulang situs resminya.

Pada tanggal 11 April 2015, elementary OS berkode nama "Freya" diluncurkan dengan beberapa peningkatan.

Dan beginilah kemiripan tampilan Elementary Os dengan MacOs

ElementaryOS
Desktop

MacOs
Desktop


Elementary Os 
File Manager

MacOs
File Manager

Kelebihan elementary OS

  • Community Driven
  • Tranparent & Open
  • Beautiful & Usable
  • Modern Computing
  • Speedy
  • Full of Features
  • Fully Accessible
  • Safe and Secure
  • 100% Free
  • Ready for Apps
Minimum System Requirements

  • 1 GHz x86 or amd64 processor
  • 512MB of system memory (RAM)
  • 5GB of disk space
  • CD/DVD drive


Recommended System Requirements
  • 1 GHz x86 or amd64 processor
  • 1GB of system memory (RAM)
  • 15 GB of disk space
  • CD/DVD Drive or USB port
  • Internet access
Tertarik?  Silahkan klik disini untuk mendowload Elemtary OS. Dan klik disini untuk tutorial penginstalan Elemtary OS.


2. MacOs-Linux
 MacOs-Linux 11.04 adalah distribusi atau distro Linux yang mengusung tampilan yang sangat mirip dengan Mac OS X. Distro ini dikembangkan dengan tampilan yag semirip mungkin dengan Mac OS X besutan Apple, penasaran? Berikut ulasan MacOs-Linux 11.04.
Sebelum kehadiran MacOs-Linux 11.04, Pear OS adalah distro Linux yang mengusung konsep tampilan antarmuka yang mirip dengan Mac OS X. Namun, Pear OS ini akhirnya dihentikan pengembangannya tanpa sebab yang jelas. Pengguna tak perlu kecewa karena kini hadir MacOs-Linux 11.04.
MacOs-Linux 11.04 adalah distro Linux yang dikembangkan dari Ubuntu 11.04 Natty Narwhal yang diluncurkan April 2011 lalu. Hal ini memang agak aneh, mengingat distro Ubuntu 11.04 ini sudah tak mendapat dukungan malah digunakan untuk mengembangkan MacOs-Linux 11.04.
Terlepas dari distro basis pengembangan MacOs-Linux 11.04 yang dinilai ketinggalan, distro ini memang mengunggulkan sektor tampilan antarmuka. Sekilas pengguna tak akan dapat membedakan tampilan MacOs-Linux 11.04 dengan Mac OS X asli buatan Apple.
MacOs-Linux 11.04 mengusung dock dengan tampilan yang sama dengan Mac OS X dan didukung oleh file manager yang mengusung tampilan yang sangat mirip dengan Finder di Mac OSX.
Tak hanya itu, MacOs-Linux 11.04 juga menggunakan icon, font, dan komponen lainnya agar tampilannya benar-benar mirip dengan Mac OS X. Salah satu kelemahan MacOs-Linux 11.04 ini mungkin adalah aplikasi bawaannya yang terbilang tertinggal karena masih menggunakan basis Ubuntu 11.04. Tapi sayangnya pengembang MacOs Linux ini terhenti.

Dan beginilah kemiripan tampilan MacOs Linux dengan MacOs

MacOs Linux 
Desktop


MacOs
Desktop

MacOs Linux
File Manager

MacOs
File Manager


Gimana, mirip banget kan? Tertarik? Monggo klik disini atau disini untuk mengunduh MacOs Linux. Dan klik disini untuk tutorial penginstalan MacOs Linux.


3. Macbuntu
 Macbuntu adalah sebuah "transformation pack" yang mirip dengan Mac4Lin, namun Macbuntu lebih memfokuskan diri pada distro Ubuntu. Meskipun demikian, Macbuntu bisa juga digunakan untuk distro lain yang berbasis Debian/GTK.
Macbuntu akan secara otomatis menginstal dan mengkonfigurasi tema ikon, tema kursor, font, compiz, wallpaper, dan lain-lain. Bukan hanya itu Macbuntu juga akan menginstal aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan seperti Docky, Ubuntu Tweak, dan lain-lain. Untuk info lebih lanjut dan kelebihan dari Macbuntu bisa dilihat di sini.
System Recruitsment 
Pentium 4 and later
2.30 GHz
RAM 512 mb
Memori Video 128 mb
Dan benginilah kemiripan  Macbuntu dengan MacOs

Macbuntu
Desktop

MacOs
Desktop

 Macbuntu 
File Manager

MacOs
File Manager 
Wah mirip banget ya :D Gimana, tertarik ga? :p Langsung saja klik disini untuk mengunduh Macbuntu ini. Dan klik disini untuk tutorial penginstalan Macbuntu.

4.  LuninuX OS
Mungkin masih banyak yang belum mengetahui LuninuX OS. Hal ini wajar karena OS ini dulunya bernama Sn0wl1nuX. Sn0wl1nuX berbeda dengan Snowlinux yang juga merupakan salah satu distro. Dengan alasan mirip itulah, Sn0wl1nux berganti nama menjadi LuninuX OS.

LuninuX teranyar menggunakan versi 11.11 berbasis Ubuntu Oneiric Ocelot (11.10) serta menggunakan lingkungan desktop GNOME 3.0 dan Linux kernel 2.6.32. Dipadu dengan modifikasi hasil karya pengembangnya, LuninuX menjadi sebuah distro yang elegan dan menarik dari sisi tampilan.

LuninuX memiliki tampilan seperti Mac OS X 10.7 (Lion). Kode namanya pun dibuat mirip yaitu Lazy Lion.

Ciri khas dari Mac OS adalah tampilan dock yang merupakan kumpulan aplikasi yang disusun berdasarkan ikon sehingga lebih mudah diakses. Pada LuninuX disertakan dua dock pada bagian bawah dan sisi kanan (Docky). Pada bilah menu bagian atas, Anda akan menemui banyak pintasan dari segala fungsi tambahan, seperti kalender, prakiraan cuaca, tampilan history, dan universal access settings.

Layaknya Ubuntu 11.10, LuninuX menggunakan installer Ubiquity. Installer ini memudahkan pengguna untuk melakukan instalasi, baik sebagai sistem operasi tunggal maupun disanding dengan OS lain (misalnya Windows ataupun distro lain). Anda pun bisa mengatur partisi harddisk secara manual atau otomatis dalam membagi kapasitas dengan OS lain.

Setelah instalasi selesai, LuninuX mampu mendeteksi sebagian besar perangkat keras terkini. Khusus untuk kartu grafis, masih digunakan driver generik. Meskipun demikian, tampilannya sudah memadai. Hanya saja, Anda tidak bisa mengoptimalkan efek compiz. Jika proses pendeteksian driver kartu grafis tidak berhasil, Anda bisa mengunduh driver kartu grafis melalui tautan yang disertakan pada situsnya, baik untuk AMD maupun nVidia.

LuninuX juga hadir lengkap dengan aplikasi untuk memenuhi kebutuhan komputasi sehari-hari. Salah satu aplikasi ini misalnya LibreOffice. Aplikasi ini terdiri dari Writer, Calc, Draw, Impress, dan Math. Beberapa codec juga telah disertakan sehingga Anda dapat langsung menjalankan file multimedia standar. 

Tapi, LuninuX tidak menyertakan Synaptic maupun Software Center. Jika ingin menambahkannya, lo mesti mengaktifkannya dahulu melalui perintah/bash command dari Terminal.

LuninuX OS 11.11 bisa menjadi distro alternatif berbasis Ubuntu dengan tampilan desktop yang elegan ala Mac OS. Sayangnya, kinerjanya sedikit berat, khususnya pada komputer dengan spesifikasi pas-pasan. 
System Recruitments 
Prosesor x86 2GHz 
Memori 1 GB RAM, 
Harddisk 20 GB, 
Kartu grafis resolusi minimal 1024x768, 
CD/DVD drive atau port USB, 
Akses internet. 
Plus   
Desain cantik, rapi, dan elegan
Tampilan dock ala Mac OS di bawah dan sisi kanan 
Banyak pilihan tampilan yang bisa dikustomisasi 

Minus 
Tidak menyertakan Synaptic dan Software Center 
Kinerja agak berat.
Dan beginilah kemiripan tampilan antara LuninuX OS dengan MacOs
LuninuX OS
Desktop 

 MacOs
Desktop

 LuninuX OS
File Manager

MacOs
File Manager


Info lebih lanjut, bisa lo lihat di laman resmi LuninuX OS, cukup klik disini.
Jika lo tertarik, lo bisa mengunduh LuninuX OS , disini. Dan klik disini untuk tutorial penginstalan LuninuX OS.


5. North Korea Linux v.3.0
 North Korea Linux 3.0 adalah distribusi Linux yang dikembangkan untuk negara Korea Utara. Hal yang menarik dari distro North Korea Linux 3.0 ini adalah tampilan antarmuka desktop-nya yang sangat mirip dengan Apple Mac OS X. Konon kabarnya, pemimpin Korea Utara sangat menyukai Mac OS X dan hal ini memengaruhi pengembangan OS North Korea Linux 3.0.
Seperti yang kita ketahui, Korea Utara selama ini telah bekerja untuk mengembangkan sistem operasi sendiri yang berbasis Linux untuk digunakan di komputer yang ada di negara tersebut. North Korea Linux memang tak memiliki tampilan yang khas karena selalu meniru OS lain. North Korea Linux versi 2.0 meniru Windows 7 dan kini versi 3.0 meniru Mac OS X.
Rilis North Korea Linux 3.0 ini menghadirkan menu bar di bagian atas dengan warna silver khas Apple Mac OS X. Begitu juga dengan adanya dock yang sangat mirip dengan Dock milik Apple. Kemungkinan dock yang terdapat pada North Korea Linux 3.0 ini menggunakan aplikasi Cairo dock.
Lalu apa basis pengembangan distro North Korea Linux 3.0 ini? Sampai saat ini belum diketahui pasti distro apa yang menjadi kiblat pengembangan North Korea Linux 3.0 ini. Namun informasi yang beredar menyebutkan bahwa North Korea Linux 3.0 menggunakan Linux Kernel 2.6.38 yang sudah cukup tua. Hal ini menimbulkan spekulasi bahwa North Korea Linux 3.0 dikembangkan dari Red Hat Enterprise Linux (RHEL).
Dan inilah kemiripan tampilan antara North Korea Linux 3.0 dengan MacOs
North Korea Linux 3.0
Desktop
MacOs
Desktop

North Korea Linux 3.0
File Manager
MacOs
File Manager


Namun, tak diketahui paket aplikasi apa saja yang diusung oleh North Korea Linux 3.0. Kemungkinan paket aplikasi yang diusung oleh distro ini juga versi lama, sama seperti kernel yang diusungnya. Dan sayangnya, periilisan North Korea Linux 3.0 ini juga tak tersedia luas untuk pengguna umum.


 6. Pear OS
 Pear OS yang merupakan distro linux turunan Ubuntu ini di klaim sangat mirip dengan MacOS. Pengembang dari distro linux ini berusaha memberikan pengalaman menggunakan Mac OSX kepada para pengguna mulai dari tampilan, desain dan layout dibuat sedemikian rupa agar serupa dengan Mac OSX. Pear OS Linux menggunakan GNOME 3 loh, jadi pastinya aplikasi-aplikasi terbaru dapat berjalan dengan baik di Pear OS Linux.

Pear OS adalah distro linux yang berasal dari Perancis, bikinannya Kangmas David Tavares. Basisnya diambil dari Ubuntu Mini Remix dan dipoles sedemikian rupa oleh David Tavares dan teman-temannya. 

Tujuan pembuatan distro linux Pear OS ini adalah untuk menyajikan desktop linux yang berpenampilan sederhana namun tetap powerful. Katanya lagi, Pear OS merupakan distro linux siap pakai plus sudah dilengkapi dengan aplikasi multimedia, walaupun pada kenyataannya, paling tidak menurut saya tidak demikian. Contohnya  aplikasi pemutar music Musicue yang belum bisa mengenali file berekstensi mp3, namun demikian file mp3 masih bisa diputar menggunakan aplikasi VLC yang secara default sudah tersedia.
Pear OS sebenarnya juga tersedia untuk tablet, namun link download belum disediakan. Tablet yang sudah didukung antara lain Surface (ARM) dan Surface Pro (x64), khusus ARM juga dikembangkan untuk Samsung Galaxy Tab, Note and Nexus 7 & 10. Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan kunjungi http://www.indiegogo.com/projects/pear-os-8-tablet-edition

Sebagaimana distro linux lainnya, Pear OS juga mempunyai forum khusus yang membahas A sampai Z tentang problem yang pernah ditemui selama menggunakan Pear OS, silahkan kunjungi pearlinux.org bila kita mempunyai permasalahan seputar Pear OS.

System Recruitments 
Prosesor 32 atau 64 bit 700 MHZ
RAM 512 MiB
Hard disk 8 GB
VGA dengan resolusi layar 1024 x 768
Pemutar CD/DVD atau Port USB untuk menginstal

Dan beginilah kemiripan Pear Os dngan MacOs

PearOs
Desktop


MacOs
Desktop



PearOs 
File Manager





MacOs
File Manager




7. Gmac OS

Seperti artikel gua kemarin, tentang pembahasan Gmac OS.

Beberapa waktu lalu project Pear OS yang sempat berhenti itu, kini"hidup kembali" dengan merilis Pear OS versi 9. Namun kini, Pear OS berubah project dengan menjadi distro Gmac OS, yang merupakan kependekan dari Gnome Mac.
Saat ini, Gmac merilis versi stabil 10.3 . Ya karena project ini lanjutan dari Pear OS versi 9, jadi langsung dirilis Gmac versi 10.
Gmac OS sendiri berbasis Ubuntu 14.04 LTS, dengan Desktop Environment GNOME.
Tidak perlu cemas untuk urusan perkantoran dan multimedia seperti Libre Office, GIMP, Videos, karena semua-nya sudah terinstall di Gmac OS ini. So, kalian yang ingin mencoba tidak perlu repot-repot lagi tuk menginstall berbagai macam aplikasi perkantoran dan multimedia tersebut.
Sayangnya, saat ini Gmac hanya merilis arsitektur amd64 (64bit), dan terpaksa gigit jari tuk PC kalian yang menggunakan arsitektur 32bit

Dan beginilah kemiripan tampilan antara Gmac OS dengan MacOS

Gmac OS
Desktop


MacOs
Desktop


Gmac OS
File Manager


MacOS
File Manager


Gimana bagus ga? Bagi lo yang tidak sanggup membeli Laptop ber-MacOs, Gmac Os sangatlah cocok untuk lo :)

Tertarik? Lo bisa mengunduh nya langsung di situs resmi GmacOs
Cukup klik disini

Ukuran file instalan-nya hanya 1.6 Gb loh :)

Sekian info yang gua sampaikan. Tapi ini hanyalah beberapa distro linux yang bisa gua sampaikan, mungkin bagi kalian yang punya info lebih tentang artikel ini, bisa langsung menambahkan dan me-review di kolom komentar :)

Thanks udah berkunjung di blog gua yang unyu :)


Posting Komentar

  1. http://goo. gl/RPoUba
    http://goo .gl/3uYnrQ
    http://goo. gl/y62UyR
    http://goo .gl/bbjl8s

    BalasHapus

 
Top